Sunday, November 4, 2007

Nasi Goreng Jawa?


Sebenernya apa sih yang dinamakan nasi goreng jawa? Saya sendiri kurang tahu ya. Dulu waktu di Bandung, saya kalau lagi sakit atau gak punya duit, pasti beli nasgor pinggir jalan deket kost (biasanya sih tambah sakit karena gak bersih bikinnya khan, hehe). Yang jualan, orang jawa timur (di bandung kan banyak orang Jawa ya, tapi orang Sunda gak pernah tuh ngaku-ngaku kalo rawon atau gudeg punya orang Sunda?!). Nah, ada salah satu menu nasi goreng, yang isinya dicampur sama mie. Nah, apakah ini yang namanya nasi goreng jawa?


Malam ini, saya ingin sekali bikin masakan yang seperti itu. Ya nasi goreng yang dicampur sama mie gitu lah. Saya rasa, saya tidak perlu memberikan resepnya secara rinci, semua orang pasti tau bagaimana bikin nasi goreng pakai kecap asin dan manis khan? Di bawah ini kira-kira adalah idenya saja... Saya gak pakai garam, karena memang kecap asinnya udah asin banget. Hasilnya? Hmmm... salade nasi dari jawa.. hahahaha...

Bahan:
  • Mie rebus
  • Kerang
  • Daun bawang yang diiris halus (saya pakai poireau)
  • bawang merah putih, cabai (saya pakai bubuk)
  • nasi putih yang sudah dimasukkan ke lemari es sebelumnya
  • tomat di potong-potong
  • daun salade
  • telur kocok
  • kecap manis
  • kecap asin
  • merica
  • cuka
  • beberapa lembar daun salade yang dipotong kecil-kecil

Cara:
  1. Panaskan sedikit minyak dalam wajan.
  2. Masukkan telur kocok, goreng secara orak-arik
  3. masukkan bawang merah putih dan cabai
  4. masukkan kerang aduk sebentar
  5. masukkan daun bawang
  6. masukkan mie rebus, aduk, masukkan nasinya.
  7. Tambahkan kecap manis dan asin dan merica.
  8. Masukkan tomat dan cuka, masak terus sampai tomat layu.
  9. Masukkan daun salade, aduk sampai daun salad agak layu.
  10. Hidangkan.