Sunday, November 25, 2007

Kaastengels dan Ibu



Kalo makan kue ini, selaen inget lebaran di Jakarta, inget nyokap/ibu. Dia itu dulu sering banget gagal bikin kue ini.. hehehe.. Sebetulnya mayan enak sih bikinannya dia itu, tapi selalu kalah rasa dan bentuk, dari yang beli jadi di toko kue di Pasar Cikini (yah, harganya aja dulu udah mahal, apalagi sekarang?).

Dulu saya sering banget pengen bantuin dia bikin kue, tapi dia itu anti banget sama tangan dalam membentuk kue. Dia gak percaya sama level kebersihan saya secara pribadi, tangan saya khususnya. Yah dia gak salah juga sih, saya emang bukan orang yang bersih banget, gak kayak dia yang perfectionist apalagi kalau soal kebersihan. Rumahnya di Jakarta bersihnya minta ampun deh, dia sampe rela memperkerjakan beberapa tenaga ekstra yang bisa ngebantu dia untuk bersihin rumahnya.

Dulu jaman saya kecil, hari di mana nyokap bikin kue adalah hari yang paling heboh. Kayaknya hari itu jadi ekstra panjang banget, dari tahap persiapan buat kue, membuat sampai beres-beres peralatan dapur, belum lagi teriakannya dia setiap beberapa saat yang menyuruh saya keluar dari dapur, saking takutnya melihat saya masuk dapur, takut kalau saya ngerecokin dia. Pokoknya dapur adalah zona terlarang hari itu untuk saya. Dia takut saya berpikiran jahil mau mensabotase misi besarnya. Belum lagi komentar-komentar dari mulutnya, yang bilang, "Yah kok kue gak mau ngembang?", atau seperti, "Aduh kelupaan garamnya!" dan lain sebagainya yang bikin telinga pegel juga. Perasaan persiapannya tadi udah panjang, tapi kok masih sering ada yang kelupaan... hahahaha.

Pernah pada suatu hari libur, yang berasa panjang alias dimana dia memutuskan untuk membuat kue kaastengels, saya bujuk-bujuk dia untuk memberikan bantuan untuk membentuk adonan. Akhirnya dia setuju juga (gila.. biasanya orang mah dipaksa untuk ngebantuin, ini gue udah sampe nyembah-nyembah buat ngebantu dia keseringannya ditolak). Dan waktu itu saya menawarkan diri untuk membantu membentuk adonan.

Dia pun wanti-wanti saya, paling tidak lima kali sebelum membantunya, untuk cuci tangan dahulu dan membersihkan sisa air di tangan saya dengan lap. Saya pun nurut, gak ada pilihan lain. Setelah jadi, bener dong, bentuk bikinan saya paling aneh sendiri dibandingkan dengan bikinan kakak-kakak saya yang juga turut membantu ibu. Entah kenapa, kok adonannya jadi tampak kumal, berpori-pori dan tampak sangat menjijikkan. Padahal saya kan udah cuci tangan dan ngelap tangan saya tadi? Akhirnya saya diusir keluar dari dapur, dipecat dari kerjaan saya hari itu. Satu-satunya kue yang saya bentuk, dia buang dengan tanpa perasaan bersalah ke tempat sampah di dapur. Hiks... kejamnya kau ibu.. hehehe.. Di penghujung hari, kaastengelsnya pun jadi, tapi tetep aja tanpa sabotase saya pun, kue itu tidak terlalu sukses. Bantet atau kurang kejunya, lupa deh.

Setelah berkali-kali mencoba bikin kue (gak hanya kaastengels) dan gagal, saya tidak pernah melihat ibu bikin kue lagi. Problemnya sering kali bantet, terlalu keras, dan problema klasik lainnya dari ibu-ibu rumah tangga tahun 80'-an yang bikin kue sendiri di rumah. Sudah berpuluh-puluh tahun saya tidak pernah melihat ibu membuat kue (ketauan deh gue toku). Masak pun jarang-jarang, karena memang ada pegawainya sendiri yang bertugas di seksi masak.

Sepulangnya saya dari NZ tahun 2000, saya membawa sedikit oleh-oleh untuk orang di rumah, yaitu keahlian saya memasak. Ibu (juga bapak beserta kakak-kakak lainnya) pun akhirnya mengakui kalau saya bisa masak, dan bukan hanya sekedar bisa, tapi juga enak. Terbukti, kue-kue bikinan saya langsung habis ludes, walaupun saya baru saja mencoba secuil. Sial. Tapi GR dong, apalagi kalau ingat kalau saya dulu parah banget dalam hal memasak, sampai teman kost saya pernah melarang saya masak di kost-kostan karena saya nyaris membakar langit-langit kostan kami ketika saya mencoba menggoreng sosis di kost.

Tapi satu yang gak pernah ibu tinggalkan ketika saya mulai menyiapkan masakan di rumah, yaitu bertanya: "Jek!!! Lo udah cuci tangan belom tadi?" (yoi, diantara kita sering pakai loe-loe gue-gue). Kalau saya lagi gak mood, saya sering jadi tersinggung karena dia selalu menanyakan hal yang sama, berulang-ulang kali, dan selalu menganggap saya seperti anak kecil, yang tidak dapat dipercaya. Dia seringkali terlihat seperti membaca doa dulu sebelum mencicipi hidangan yang saya bikin (mungkin isi doanya: "Semoga gak ada kuman, atau semoga makanan tidak berasa daki/sabun cuci tangan"..hehehe). Anehnya, dia ini seperti lebih percaya dengan tangan pegawainya, padahal dia kan juga gak memperhatikan kalau pegawainya itu misalnya, pas lagi masak, kebelet pengen ke WC, kita kan gak tau, dia itu cuci tangan atau tidak sesudah melakukan maksudnya. Lagian dapur rumah kami terletak terpisah dari rumah utama, sehingga para pegawai selalu aman dalam bekerja, tanpa khawatir diawasi setiap saat oleh ibu. Istilahnya mereka meludahi makanan kami juga kami gak akan tau, ya gak?

Hari ini, saya bikin kaastengels, karena tau-tau kangen sama ibu, padahal lebaran sudah lewat. Dalam proses pembentukannya, saya memakai sarung tangan plastik yang saya comot dari pom bensin. Okay, ini emang agak-agak aneh, saya memang mendapatkan sarung tangan plastik ini di pom bensin, karena di sini, banyak pom bensin yang menyediakan sarung tangan bagi mereka yang tidak mau tangannya kotor dalam memeriksa mesin mereka, dan sarung tangan plastik ini sayangnya tidak dapat ditemukan di supermarket (adanya sarung tangan karet, ntar rasa makanannya kayak karet dong?). Sarung tangan plastik ini sangat berguna karena tangan jadi tidak lengket dan kotor, jadi untuk ibu, tidak ada alasan untuk jijay dengan bikinan tangan saya lagi, hehe. Tapi tetep dong, bentuknya aneh.. saya emang payah dalam hal bentuk-membentuk. Tapi, bikin kaastengels ini, gak lama kok... gak seperti ibu saya yang meluangkan waktu khusus, saya membuatnya dengan cepat, eits bukannya sombong, tapi emang di resepnya gitu kan? Emang dulu ibu bikin berapa loyang sih?

Saya coba resep dari dapur bunda, tapi kejunya saya pakai keju
émental. Menurut saya sih, dari resep ini, rasanya kurang crunchy, dan sepertinya terlalu banyak tepung deh. Kuning telurnya juga kurang, sehingga adonan jadi terlalu kering, gak mau menyatu. Saya tadi sempet menambahkan kuning telur biar adonannya agak cair sedikit. Resep kaastengels ini terlalu sederhana dan tidak terlalu jelas, seperti misalnya: tepung harus diayak, atau dibentuk seperti apa, karena menurut saya, tidak selamanya kita bisa seenak hati membentuk kue kering, karena bila terlalu tebal, dikhawatirkan isi di dalamnya menjadi tidak matang.

Lain kali coba lagi deh, dan saya mau banget mencari resep yang lebih oke. Ada yang mau ngerekomendasiin ke saya? Thanks loh...


Ntar mau telepon ibu ah.. Ibu tidak tahu kalau setiap saya melihat/membuat kue kaastengels, saya pasti ingat dia.
Maman, je t'aime très fort. Yah, ibu saya memang tidak jago dalam memasak, tapi dia bisa berbicara beberapa bahasa asing termasuk perancis, dan itu salah satu kelebihan dia yang akan terus saya kagumi.