Friday, November 16, 2007

Kekian Udang


Baru liat di Nova online, ada yang namanya kekian udang. Saya coba aja. Tapi saya kelupaan pakai santan coba?!!! Payah dah!

Entah apa saya yang kelupaan santan, tapi menurut saya rasanya biasa aja sih... Waktu bagian pertama, saya bikin dengan cara goreng biasa, tanpa minyak, karena saya pikir udah cukup "berminyak" banget. Adonan kedua, saya goreng cara deep fried, dan hasilnya memang lebih sedap. Hidup goreng-gorengan!

Saya gak tau ini masakan daerah mana, saya kategorikan masakan indonesia aja deh, karena pakai santan, biasanya masakan asia tenggara gitu.. hehehe... Oya berhubung daun bawang lagi gak musim, saya pakai poireau, itu daun bawangnya perancis yang gede banget.

Ini dia resepnya:
Bahan:
200 gr udang, kupas kulit, giling halus
100 gr daging ayam cincang
2 siung bawang putih, cincang halus
1 btg daun bawang, iris halus
1 btr telur
2 sdt garam
1 sdt lada bubuk
100 ml santan kental
25 gr tepung sagu
minyak goreng secukupnya

Kulit:
100 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
1 btr telur
200 ml air

Cara membuat:
1. Campur udang, bawang putih, daun bawang, telur, garam, dan lada, aduk rata.
2. Tuang santan sedikit-sedikit sambil diuleni sampai halus. Masukkan tepung sagu, uleni sampai rata dan halus. Bagi menjadi 4 bagian
3. Buat kulit: campur tepung terigu, garam, dan telur, aduk rata lalu tuang air sedikit-sedikit sambil diaduk sampai rata dan halus. Buat dadar tipis-tipis dengan wajan dadar yang agak besar sampai adonan habis.

4. Ambil selembar dadar, isi dengan 1 bagian adonan udang, gulung sambil agak dipadatkan. Kukus gulungan udang sampai matang selama 30 menit.
5. Panaskan minyak goreng, masukkan gulungan udang kukus. Goreng sambil dibolak-balik sampai matang kecokelatan.