Friday, November 16, 2007

Opor Ayam dan Tahu


Ini abis ngeliat resepnya dapur bunda, yang bikin opor ayam pake tahu. Tapi saya bikinnya rada beda dikit. Tahunya sih sama, digoreng dulu sampai 3/4 matang di minyak banyak. Tapi resepnya, saya nyontek dari.... eh.. dari mana ini ya, saya lupa, ini ngeprint dari mana. Mungkin dari detikfood.. tapi bisa jadi juga dari tempat lain, seperti dapurmbakyu.ch...Ini pun sudah dimodifikasi sama saya, dan saya pakai pressurecooker untuk masaknya.

Bahan:
  • 1 paha atas ayam yang rada besar
  • 400 ml santan cair
  • 1 sdm bubuk sere
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 2 tahu yang sudah digoreng 3/4 matang
Bumbu halus:
  • 4 siung besar bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 0.5 sdt jinten
  • 1 sdt lengkuas bubuk
  • lada, garam secukupnya

Cara:
  1. ayam dibersihkan, buang kulitnya, cuci.
  2. tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan daun salam, sereh.
  3. Dalam panci tekan, masukkan tumisan bumbu, ayam, tahu, aduk, tambahkan santan. Nyalakan api, biarkan hingga santan mendidih. Tutup panci tekan. Masak selama 15 menit dengan
  4. api kecil.
  5. Matikan api, keluarkan uapnya, buka pancinya, hidangkan opor dengan nasi/ketupat.