Saturday, November 10, 2007

Kerang bumbu Pedas



Saya sebetulnya gak terlalu suka sama kerang. Tapi kadang-kadang, ngeliat buku-buku resep, banyak yang bahan dasarnya kerang, jadi pengen juga coba. Tapi udahannya nyesel, ternyata kerang itu emang ya begitu-begitu aja rasanya. Mo dibikin gimana pun, tetep aja rasanya ya kerang, rada amis di mulut, walaupun suami suka banget. Yang ini, saya ngeliat di situsnya tabloid nova, kerang bumbu kemiri. Tapi trus banyak perubahan-perubahan besar, dimana saya gak pakai kemiri sama sekali, hehe.

Bahan:
  • kerang sekitar 40 biji, sudah dikupas (saya pakai yang sudah dibekukan), rendam dengan air cuka selama 1/2 jam, kemudian cuci, tiriskan.
  • 1 buah wortel, dipotong melintang, di kukus hingga setengah matang

bumbu halus:
  • 0,5 bawang bombay
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • cabai secukupnya (saya pakai banyak! Namanya juga kerang bumbu pedas!)

bumbu lain:
  • 1 sdt bubuk kunyit
  • terasi
  • 1 sdt bubuk laos
  • 1 sdt garam
  • terasi
  • 1 cubitan kecil asam jawa
  • minyak untuk menumis
  • air
  • garam
  • merica putih

Cara:
  1. panaskan minyak goreng
  2. masukkan bawang-bawang dan terasi, tumis hingga harum baunya. Masukkan cabai.
  3. Tambahkan wortel iris. Aduk rata.
  4. Masukkan air dan asam jawa. Masukkan bubuk laos, garam terasi, merica, kunyit. Masak hingga wortel matang. Masukkan kerang, masak paling lama 3 menit saja.
  5. Hidangkan dengan nasi putih.