Sunday, December 23, 2007

Mie Celor Palembang


Terus terang, belom pernah seumur-umur makan mie celor palembang, ngeliatnya juga kayaknya belom pernah deh. Jadi saya gak tau, resep yang saya praktekin ini, udah bener ato belom, soalnya resepnya jgua gak pake foto.

Resep, saya dapet dari bundelan resep Indonesia. Waktu itu saya lagi iseng-iseng maen di suatu situs internet (sepertinya sih milis gitu), trus ada yang ngasih kumpulan ratusan resep, dalam format PDA. Saya lupa, situs apa, karena seingat saya file ini sudah lama sekali ada di komputer saya.

Banyak yang sudah saya modifikasi dalam mempraktekan resep ini, seperti saya gunaan bawang-bawangan dan cabai, padahal di resepnya gak ada sama sekali. Soalnya, kalau gak ada bawang-bawangan, saya cemas, gak terlalu berasa gitu.

Takaran air yang diminta adalah 1250 ml.. bagi saya, 750ml cukuplah. Gitu juga dengan udang, di resep asli, sekitar 300 gr, saya tambahkan jadi 400 gr. Santan, saya pakai 250 ml.
Saya ganti tepung terigu yang diminta, menjadi tepung maizena. Soalnya saya gak terlalu suka menggunakan tepung terigu untuk mengentalkan suatu masakan. Karena kalau tidak rata, rasanya jadi aneh, menurut saya (menurut saya loh!). Saya gak pakai toge, karena memang tidak punya.

Hmmm.. pake sereh atau kapulaga, enak juga kali ya.. Lain kali, cobain ah, biar makin gimana gitu rasanya..hehe.

Bahan:
  • 2 telur rebus yang dipotong-potong
  • 200 gram mie basah yang direbus dengan sedikit garam dan minyak agar tidak lengket satu sama lainnya kemudian disisihkan.
  • 400 gram udang, kupas, kulitnya dikumpulkan, untuk bikin kaldu
  • 250 santan (saya pakai kental)
  • 2 butir telur kocok kasar
  • 2 sdm tepung maizena yang dicairkan dengan
  • 1/2 buah lemon (untuk merendam udang) dan untuk kuah
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 liter air
  • garam
  • merica
  • 1 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 1sdt air jeruk limau (saya gak punya, saya ganti pakai jeruk lemon)

bumbu yang dihaluskan:
    2 siung bawang merah
  • 1/2 siung bawang bombay
  • 1 siung bawang putih
  • bawang goreng untuk menghidangkannya.

Potong-potong:
  • 2 buah cabai merah
  • 3 sdm daun bawang

Methodes:
  1. kupas udang, rendam dengan jus jeruk nipis.
  2. Gunakan kulit udang untuk bikin kaldu: rebus air dengan kulit udang sampai mendidih. Saring kulitnya (buang).
  3. Tumis bawang dan cabai hingga harum, masukkan ke dalam 750 ml air udang yang ada di panci (diukur kalau kurang juga gak apa-apa, toh ada air dari santan).
  4. masukkan santan, udang, garam, gula, merica.
  5. Masukkan telur kocok, aduk hingga telur jadi matang.
  6. masukkan air jeruk limau dan daun bawang, aduk rata. Cicipi, apa ada yang kurang. Tarik dari api.
  7. Dalam mangkok untuk menghidangkan makanan, taruh mie, toge, potongan telur.
  8. Tuangkan kuah panas ke dalam mangkok.
  9. Hidangkan dengan bawang goreng.
  10. Makan dengan segera.