Sunday, December 23, 2007

steak haché à la Japonaise


Saya gak tau ini apaan namanya. Tapi saya pernah liat di kedai makanan jepang (prasmanan) yang ada di kawasan Jepang di Paris.

Resep saya karang sendiri, yah, kira-kira aja sih, bahan-bahan yang dipakai apa aja, biar bisa mirip dengan apa yang saya lihat. Dulu, waktu saya kecil, ibu saya seneng banget bikin steak daging cincang model gini, tapi dia gak pakai cara jepang tentunya. Maaf saya tidak memikirkan takaran-takarannya, karena semua berjalan dengan begitu saya.

Bahan Adonan:
  • 200 gr Daging cincang
  • susu cair
  • 2 sdm tepung terigu
  • garam
  • gula
  • mirin
  • kecap jepang
  • merica
  • daun bawang diiris tipis-tipis

Bahan Lain:
  • Saus Teriyaki
  • Minyak goreng untuk menggoreng
  • Keju Leerdamer/Comte secukupnya yang diiris tipis dan bentuk kotak

Cara:
  1. Buatlah adonan daging, dengan cara mencampurkan bahan adonan. Jaga agar jumlah susu dan jumlah tepung terigunya seimbang dengan daging. Anda tidak mau mendapatkan adonan yang terlalu lembek, ataupun steak yang terlalu berasa tepung terigunya.
  2. Panaskan penggorengan ceper (teflon), oleskan minyak goreng diatasnya (saya oleskan dengan serbet makan)
  3. Untuk membuat satu steak: kecilkan api, ambil dengan centong besar, sebagian adonan, letakan di atas penggorengan. Dengan sodet plastik/kayu, bentuk adonan tersebut agar menjadi bulat.
  4. Biarkan bagian bawah daging matang, kemudian balik.
  5. Tuangkan banyak saus teriyaki ke dasar penggorengan, biarkan sampai air tinggal sedikit. Taruh irisan keju di atas daging, hingga keju mulai mencair. Steak ini siap untuk dihidangkan. Ulangin tahapan di atas untuk sisa adonan.
  6. Hidangkan dengan nasi putih yang diberi kecap asin jepang.