Friday, January 18, 2008

Kishimen Goreng


Resep asli yang ditampilkan di Maraboutchef Sushis & compagnie sih pake mie Soba tapi saya gak punya, adanya ya mie kishimen, yang menurut saya rada mirip dengan mie china, cuman kemasannya direntangkan gitu, kayak spagetti. Resep aslinya pakai irisan kol dan jahe beni shoga yang biasa dipakai untuk menghias sushi, tapi saya gak punya. Udah gitu, harusnya pakai juga paprika, tapi kami gak doyan. Yah, akhirnya begini deh bikin makan malam kami...Takaran udah saya sesuaikan dengan kebutuhan kami, dan juga methodenya, biasalah.. cuek bebeks. Tauk deh, ini mie apaan di Jepang, saya gak tau, mie kishimen ini sebetulnya cocok ato nggak untuk digoreng, karena sepertinya cuman lazim rebus-rebusan.


Bahan:
  • 150 gr daging sapi cincang
  • 115 gr mie kishimen
  • 1 sdt jahe
  • 1 buah tomat buang bijinya, iris tipis-tipis
  • 1 sdm minyak olive dan 1/2 minyak wijen
  • bawang bombay, potong jadi 8
  • Irisan kertas algue, atau nori (saya belinya emang udah diiris-iris gitu, kalau belom, ya udah, gunting2 aja sendiri, ehehe).

Sauce:
  • 1 sdm sake
  • 60 ml mirin
  • 60 ml kecap
  • 1 sdm gula
Methode:
  1. Panaskan air, hingga mendidih, masukkan mie, biarkan hingga masak dengan keadaan panci terbuka. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak olive dan wijen dalam penggorengan, tumis daging cincang hingga 3/4 matang, angkat, sisihkan.
  3. Dalam penggorengan yang sama, masak jahe dan bawang hingga matang.
  4. Tambahkan potongan tomat
  5. Masukkan mie, bumbu dan daging dan saus.
  6. Masak hingga sausnya habis.