Wednesday, January 23, 2008

Sushi Balut Bahn Trang


Tau kan, kertas nasi dari Viet, yang namanya Bahn Trang. Penggunaan Bahn Trang ini, udah menyebar kemana-mana, apalagi di perancis, udah lazim banget setiap restoran take away cina, selalu menyediakan lumpia vietnam ini.

Waktu tahun pertama di Perancis, soib jepang saya, Yukari, ngundang saya makan. Trus dia bikin lumpia surimi dan salad pake bahn trang ini. Ternyata udah sampe sana juga ya, kertas beras ini. Yang spesial, dia menghidangkannya dengan dikasih saus wijen à la Jepang khusus buat salad (tulisan latinnya Jojoen, bener gak sih When?:P). Ih ampun deh, yang namanya itu saus, gak ada matinya! Semenjak itu, setiap ada yang mau ke Jepang, saya selalu nitip saus ini, karena gak ada di Perancis, dan juga kata teman kerja jepang Mas Gorilla, di Jepang pun gak di sembarang tempat di jual.. hu.. bikin susah supply aja sih. Nah kali ini saya pengen aja buat lumpia gitu, tapi isinya ya ditambahin (nasi) sushi gitu loh.

Photobucket
saus salade jojoen



Photobucket
kertas nasi (bahn trang)
  • Nasi sushi
  • Daun Salada, iris tipis-tipis
  • Kulit lumpia vietnam atau Bahn Trang
  • Surimi
Celupkan kulit lumpia ke dalam air panas, taruh di antara lipatan lap bersih, tekan-tekan, isi dengan irisan salad, 1 batang surimi, dan sendokan nasi ke dalamnya. Tutup kulit lumpia tersebut.

Hidangkan dengan saus sambal/ saus jojoen/ saus mayonaise/saus lainnya. Karena saya pakai kulit lumpia yang bentuknya gak bulat penuh, alias cuman seperempat potong, yah agak repot juga ngebentuknya, hehe.