Wednesday, January 23, 2008

Velouté de Pommes de Terre aux Grains de Maïs


Diambil dari Maraboutchef spécial pomme de terre. Saya kasih resep aslinya, waktu saya bikin sih ya gak sebanyak ini. Keterangan yang tertera di antara dua tanda kurung, itu adalah jumlah bahan yang saya pakai.
  • 40 gr mentega (2 sendok makan)
  • 1 daun poireau iris (batang "oignon vert)
  • 1 siung bawang putih (2 siung yang saya geprak)
  • 125 ml wine putih (paling cuman pakai 60 ml)
  • 2 batang celery/céleri diiris bulat tipis (saya gak pakai)
  • 800 gr kentang dikupas, dan dipotong-potong (2 kentang yang besar-besar)
  • 500 ml kaldu ayam (75 cl air + 1 blok kaldu ayam)
  • 500 ml air (gak pakai, lihat point sebelumnya)
  • 320 gr pipilan jagung beku (140 gr jagung kaleng)
  • 125 ml cream segar (20 cl cream ringan/légère)
  • 1 sdm parsley/persil(saya gak pakai)

  1. Cairkan mentega dalam panci, dan tumis poireau dan bawang putih.
    Tuangkan wine dan aduk hingga rata, biarkan masak hingga cairannya menjadi tinggal setengah.
  2. Masukan celeri, kentang, kaldu dan air.
    biarkan mendidih, kemudian biarkan masak dengan api kecil hingga kentang empuk. Sisihkan selama 10 menit.
  3. Dengan menggunakan mixer cemplung, haluskan sup tadi.
  4. Taruh di atas api, kemduian masukkan pipilan jagung, kemudian tambahkan creme. Tarik dari api, tampahkan persil.
  5. Hidangkan.