Thursday, February 7, 2008

Bubur Ayam




Akhirnya kesampaian juga bikin bubur yang ada cakwenya (a.k.a bubur ayam Cina, karena saya gak suka bubur ayam Sundanya Mang Oyo, yang difans-in banyak orang ketika saya masih tinggal di Bandung, entah deh, sekarang masih gak sih banyak penggemarnya?).


Untuk bikin buburnya sendiri, saya bikin dengan cara meerebus beras ketan 1,5 cup dengan menggunakan air kaldu ayam. Air kaldu ayamnya sendiri adalah air sisa merebus ayam sebagai lauk bubur, dengan ukuran hampir 5 kali ukuran beras ketannya (kurang lebih). Pada air kaldu, saya tambahkan sedikit banget bubuk jahe.


Saya merebus beras ketan cukup lama, hingga berasnya jadi buburlah. Selama merebus, kadang bubur terlalu kering, untuk mentatasinya, saya tambahkan sedikit air, dan lihat apakah konsentrasi bubur sudah didapat. Kalau kebanyakan air, yah, terpaksa ngerebusnya agak lamaan, biar kering. Gampang khan? Dulu saya gak tau gimana caranya bikin bubur yang rada lembek, selalu aja masih jadi nasi... Tapi ternyata yah, rahasianya ada di beras ketannya. Kesalahan saya dahulu, saya pakai nasi biasa, yang kadang-kadang kan emang kering gitu sifatnya.

Pelengkap:


  • Cakwe yang saya bikin sendiri. Saya belum menemukan resep cakwe yang ideal, yang saya pakai ini hasilnya biasa aja, malah kalau ngegilingnya ketipisan jadi kayak pangsit, haha - gemblung banget deh gue, dan dulu gue pernah bikin juga pakai resep yang sama, yah, hasilnya malah kayak roti goreng, gak membal kayak cakwe pada umumnya. Tapi saya gak punya pilihan lain, hanya resep ini yang saya pakao terus karena hanya inilah resep yang bahannya gampang ditemukan. Kalau resep lain, sering mensyaratkan amoniak (atau apalah) sebagai bahan tambahan, entah itu bagus atau tidak untuk kesehatan. Nah bikin cakwe kali ini, rada lumayan sih, bentuk dan rasa mendekati cakwe, saya pikir, ini karena kali ini, saya menggunakan yeast yang segar, beli di toko roti.

  • Daun bawang

  • Bawang Goreng

  • Ayam goreng suwir

  • Kecap Asin (saya gak suka pakai kecap manis, ya karena alasan itulah: kecap manis kan bubur ayam Sunda? Begitu juga, saya tidak pakai kuah kuning, karena saya ngerasanya kurang nyatu sama rasa bubur ayam Cina).

  • Merica

  • Sambal

  • Seledri (sayang, gak punya)

Kapan-kapan deh postingan ini saya update lagi, tentang resep cakwe yang saya coba ini. Sekarang saya lagi sibuk banget, gak bisa lama-lama ngenet.