Sunday, February 24, 2008

Donut Panggang


Resep diinspirasikan dari resep donut JCO NCC. Tapi karena tepung jepangnya saya gak punya, ya sutralah ya, saya pakai tepung terigu okonomiyaki. Toh itu juga tepung Jepang bukan? (ngarang abisssttt). Saya juga gak punya susuk bubuk FC (entah apa itu maksudnya FC, setau saya FC kan Football Club), ya saya pakai susu bubuk yang ada aja lah di sini. Trus takarannya saya kurangin banget, jadi 1/4nya lah kira-kira. Dalam pembuatannya, saya memakai alat mix untuk adonan roti. Dan kadang, kalau adonannya terlalu cair, saya tambahkan lagi tepung terigunya sedikit demi sedikit, sampai adonannya tidak nempel di tangan, kalau di pegang. Saya pernah baca, bikin adonan roti yang bagus adalah ketika adonannya tidak terlalu cair (lengket ketika dipegang), dan tidak terlalu kering karena kurang cairan. Mentega putih yang disyaratkan di resep asli tidak saya pakai, karena saya gak punya (dan entah ada atau enggak di Perancis), saya pakai yang ada di lemari es aja.

Bahan A:
  • 200 gr tepung terigu untuk okonomiyaki
  • 2,6 gr yeast atau ragi
  • 2,3 gr garam
  • 142 ml air matang

Bahan B:
  • 47 gr tepung terigu untuk okonomiyaki
  • 2, 3 garam
  • 14 gr susu bubuk
  • 29 gr gula
  • 23 gram telur
  • 29 gram mentega

Cara:
  1. Campur bahan A, aduk dengan mixer roti hingga kalis, kemudian diamkan selama 60 menit.
  2. Campurkan dengan bahan B, aduk dengan mixer roti, setelah itu diamkan selama 60 menit juga.
  3. Panaskan oven 180°C: Lumuri tangan dengan tepung terigu, bentuk adonan dalam bentuk donat (saya gak punya cetakan donat, jadi ya bentuknya asal abis). Panggang donat dalam oven selama 15 sampai 20 menit (alternative lainnya: goreng donat dalam minyak banyak yang panas, tapi dengan api kecil).
  4. campur dengan toping donut pilihan anda sendiri (saya pakai taburan gula aja, karena mengingatkan masa dulu, tugas ke Pengadilan Negeri Jaksel, selalu nyari donut, enak banget sih donut koperasinya!(.
Pssst... mungkin karena tepungnya tepung okonomiyaki, jadi rasa donutnya kok kayak ada rasa dashinya ya, entah apa cuman perasaan saya aja? hehehehehe.. tapi tetep enak sih, hasilnya lembutttt banget.