Sunday, February 24, 2008

Mpek-mpek Palembang

Salah satu kelemahan saya adalah Mpek-mpek Palembang dalam artian pembuatannya dan juga memakannya. Soalnya saya suka sekali sama masakan ini, tapi kurang lebih,tidak pernah bisa bikin yang rasanya mirip dengan mpek-mpek Pak Raden. Saya sering bikin masakan ini, tapi sering kali gagal, tapi ada juga sih yang berhasil. Entah ya, apa alasannya. Kali ini, saya gak tau gagal atau nggak, soalnya mpek-mpek Palembang ini terlalu kenyal, (empuk, kebanyakan tapiocanya). Walaupun rasanya lumayan enak, tapi masih kalah jauh dengan mpek-mpek Pak Raden. Soalnya, ikan yang saya pakai juga beda sih, bukan ikan tenggiri, tapi ikan lotte (lophius littulon - kok kayak Louis Vuitton ya..hehe). Ikannya gurih sih, tapi saking gurihnya, saya sampe eneg sendiri. Untuk mpek-mpek yang ada telurnya, saya belum pernah berhasil bikin. waktu itu, mpek-mpeknya bocor coba..haha.

Resep, saya ambil dari situs mbak Esther. Saya ganti-ganti sendiri sesuai dengan kebutuhan aja. Saya pernah juga, dulu , coba yang dari situs NCC. Enak juga kok. Kapan-kapan coba lagi ah..

Bahan biang:
  • 2 sdm tepung terigu
  • 300 ml air

Bahan:
  • 480 gram ikan lotte, kupas dan angkat tulangnya, blender hingga halus.
  • 400 gram tepung tapioka
  • 30 gram bubuk bawang putih
  • 3 butir telur (yang mana 2 kuning telurnya diabuang)
  • 1 sdt baking powder
  • Garam
Bahan saus (gak ada takaran pasti dari saya) campur:
  • Kecap manis
  • Cuka sedikit
  • Air
  • bubuk bawang putih

Cara:
  1. Rebus bahan biang hingga menjadi bubur, sisihkan hingga asapnya hilang.
  2. Campur bahan bukan biang, aduk hingga bisa dipulung, bentuk sesuai selera (saya paling malas deh ngebentuk-bentuk, seperti biasa gak sabaran!)
  3. Rebus dalam banyak air hingga matang (hingga adonan mengapung).
  4. Goreng dalam minyak banyak, hingga matang. Saya paling senang kalau luarannya agak gosong, jadi saya pakai api yang agak besar (ati-ati gosong!). Hidangkan dengan sausnya.

VERSI NCC (DALAM BAHASA PERANCIS) SILAHKAN LIHAT DI SINI