Sunday, February 3, 2008

Kari Kambing Jepang


Karena pakai mirin dan kawan-kawan, maka saya sebut ini adalah kare Jepang. Ini resep, saya sendiri yang bikin, tapiiii... masih harus disempurnakan, seperti jumlah kare bubuk yang dipakai, dan mungkin lain kali saya akan menambahkan gula.

Ide bikin kare ini adalah kenangan manis jaman saya masih kuliah di Amsterdam, saya sama teman saya, sering ke Wagamama, restoran Jepang moderen di daerah Leidseplein. Menunya mantap sekali, kecuali satu: nasi kare karena kita gak suka kare! Walaupun begitu, anehnya, salah satu dari kita selalu memesannya, padahal kita sadar kalau kare tuh gak enak. Tapi entah gimana ya, saya lupa, kita sama-sama sepakat sih, kalau nasi kare jepang itu, ternyata gak buruk-buruk amat sih, walaupun kalau kebanyakan mabok juga karena eneg!

Tapi emang itu kan dulu, waktu saya gak suka dengan kare dan santan (iya, saya baru menyukai santan, curry, dan banyak masakan Indonesia lainnya, semenjak saya tinggal di Perancis). Karena sekarang selera sudah berganti, jadi penasaran aja, pengen coba-coba bikin kare Jepang. Karena saya pikir, masakan Jepang sering pakai kecap asin dan mirin, ya sudahlah, saya bikin kare yang pakai saus ini aja.
INGREDIENTS
  • 300 gr daging kambing
  • 2 wortel dikupas dan dipotong-potong dadu
  • 1 bawang bombay, iris-iris tipis
  • 3 siung bawang putih, geprak kemudian iris-iris
  • 3 sdm bumbu kare siap pakai
  • 1 sdm mirin
  • 1 sdm kecap jepang
  • garam
  • merica hitam
  • 1 sdm tepung maizena yang dilarutkan sedikit air
  • 250 cl air
  • daun bawang yang diiris halus untuk taburan
  • minyak goreng untuk menumis
METHODE
  1. Tumis bawang-bawang.
  2. Masukkan daging, goreng sampai 3/4 matang.
  3. Masukkan bumbu kare.
  4. Masukkan air dan tepung.
  5. Tambahkan kecap, mirin, wortel, garam dan merica.
  6. Masak sampai kental dan wortel masak. Taburkan daun bawang.
  7. Hidangkan dengan nasi.