Sunday, February 17, 2008

Pâte Feuilletée à la Sauce Bechamel


Enaknya tinggal di luar negeri adalah, untuk bahan-bahan kue Eropa, harganya jarang yang mahal. Dan pâte feuilletée (adonan yang biasa dipakai untuk bikin croissant atau patisserie sejenisnya) pun mudah di dapat dan tidak terlalu mahal. Saya gak tau deh, kalau di Indonesia, bisa dapet pâte ini di mana, dan kalau ada, berapa harganya. Bisa jadi mahal kali ya, abis dulu mascarpone aja mahal bener di Carrefour, harga bule gitu sih lagian..hehe.

Resep bechamel saya comot dari net. Ide bikin resep ini adalah karena saya ngiler banget liat croissant au jambon di toko kue di sini. Tapi karena saya gak makan jambon, ya udah deh, jambonnya saya ganti dengan ayam aja...

SAUCE BECHAMEL
Bahan Bechamel:
  • 40 gr mentega
  • 40 gr tepung terigu
  • 1/2 l susu
  • 1/2 sdt garam
  • merica

Cara:
  1. Cairkan mentega, dalam penggorengan kemudian masukkan tepung, aduk rata.
  2. Masukkan susu, berikan merica dan garam, aduk rata hingga adonan tepung menyatu, dan secara keseluruhan adonan menjadi kental. Sisihkan hingga asapnya hilang.
Bahan lain:
  • Pâte Feuilletée beli jadi secukupnya, potong-potong segi empat sama sisi.
  • Lembaran Daging Ayam
  • Keju comté (pakai cheddar juga gak apa), dipotong balok panjang.

Cara:
  1. Panaskan oven 200°C
  2. Letakkan pâte, taruh satu lembarang daging ayam di atasnya, kemudian smir dengan saus bechamel.
  3. Tarik dua pinggiran pâte ke tengah-tengah, kemudian rekatkan keduanya (ditekan satu sama lain). Letakkan balok keju di tengahnya. Lakukan hal yang sama kepada sisa pâte, daging, dan saus bechamel, hingga habis.
  4. Kemudian panggang dalam oven selama 10 menit (diawasi ya).
  5. Hidangkan panas-panas.

Saya masih ada sisa pate dan bechamel, ya saya bikin aja sup-supan, yang juga saya panggang dalam oven selama 10 menitan.