Sunday, March 2, 2008

Ayam Goreng Tepung


Lagi punya tepung ottogi frying mix korea yah.. semacam tepung mix buat bikin ayam tepung lah ya. Gambar di kemasannya kok beda tapi ya, jadi seperti tepung roti padahal tepung di dalamnya ya tepung dengan struktur halus. Ya sutralah, saya pasrah deh, saya udah males mikir, cuman mau bikin ayam goreng tepung aja kok. Hasilnya enak juga, karena tepungnya jadi gendut gitu deh.. persis kayak ayam kentucky (wow.. ngarang deh loh.. :P).

Tepung frying mix ini sih, saya baca di kemasannya terdiri dari campuran: tepung terigu, tepung maizena, gula, tepung beras, dan baking powder. Jadi mungkin, kalo anda gak punya tepung frying mix ini, bisa bikin sendiri (lain kali gue mau coba ah, tunggu tepung ottogi gue ini abis dulu ah). Atau, kali kalo gak ada, ya bikin aja pakai tepung roti, jadinya kayak chicken katsu dari hoka hoka bento kan?

Bahan:
  • 200 grm daging ayam fillet
  • 1 sendok makan tepung terigu biasa
  • 1 sendok makan tepung ottogi
  • 1 telur ayam, dikocok kasar, taruh dalam piring yang tidak ceper amat
  • minyak goreng yang banyak

cara:
  1. dengan pukulan daging, pukul daging ayam biar sedikit tipis.
  2. lumuri dengan tepung terigu, cemplungin ke telur, dan lumuri dengan tepung frying mixnya.
  3. Panaskan minyak dalam penggorengan. Kecilkan api, ceburkan daging ayam ke dalamnya, goreng sampai matang.
Untuk saus, saya menggunakan saus tonkatsu Jepang, sambil dicocolin mayonaise Jepang juga. Hmmm.. sedap! :)
Photobucket