Saturday, March 1, 2008

Gulai Cumi (Bali)

Resep ini cuman cukup untuk satu orang saja! Gorilla.. kemana sih kamu.. pulang dong, ini majikanmu merindukanmu..hehehe... Gulai yang ini saya bikin rada beda daripada gulai-gulai yang sudah pernah saya bikin sebelumnya. Yah, ini bumbu dasar seafoodnya bali yang saya pakai.


bahan:
  • 250 gr cumi ukuran sedang, cuci bersih, keluarkan isi perutnya, bersihin tintanya, dan buang tulangnya (saya kelupaan buang isi perut, makanya itu cumi keliatan kayak lagi hamil, gendut amat).
  • 150 ml santan kental

bumbu halus:
  • 1 tomat ukuran sedang
  • 1 sdt cabai ulek
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • satu cubit asam jawa
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdt jahe
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt kunyit bubuk
  • 1 sdt bubuk sere


Cara:
  1. rendam cumi dalam air jeruk nipis yang diberi garam dan merica
  2. tumis bumbu halus dan daun salam hingga berubah warna
  3. masukkan cumi
  4. masukkan santan

Oh ya, masih ada sisa kuah cumi (gue bikinnya kebanyakan sih kuahnya). Gue pakai aja buat gulai sayuran (kacang panjang/buncis):
  1. Panaskan kuah sisa gulai cumi
  2. Cemplungin potongan kacang panjang ke dalamnya, masak hingga kacang panjang matang.