Saturday, March 8, 2008

Tumis Gurita Part. 2 (Korean)

Kemarin ini kan saya bikin tumis gurita cara Korea ya, tapi gagal? Nah, besokannya saya langsung beli deh tuh bahan saus Korea yang saya gak punya, seperti hot pepper paste (kochu-jang) dan soybean paste di supermarket Korea di Paris. Abis bete sih, kalau pakai cabai lain, ntar rasanya jadi gak korea, kan keqi gue.. hehe. Trus gue bikin ulang deh tuh resepnya (dapet dari internet, judul masakannya sih Nakji Pokkum, tapi bener-bener gak jelas siapa sumbernya, soalnya asli download data base resep, sepertinya sih hasil bajakan), tapi seperti biasa, selalu saya modifikasi, gabungkan dengan bahan yang lagi ada di lemari es aja. Saya pakai asparagus, karena baru beli di pasar, hehe, dan juga saya tambahin bawang putih. Soalnya di resep asli gak pakai, sedangkan setau saya, orang Korea adalah pemegang rekor pemakan bawang putih di dunia mendahului Cina dan Thailand.

Bahan:
  • 1 gurita ukuran kecil (tapi gak mungil ya), bersihkan isi perut (kepala) dan tinta pada tentakelnya
  • 1 bawang bombay. dipotong-potong
  • 4 siung bawang putih, digeprek
  • 8 batang asparagus, bersihin dan kupas, kemudian dipotong-potong 5 cm dan rebus hingga halus
  • 1/2 sdm pasta cabai Korea
  • 2 sdt pasta kacang kedelai (soybean) Korea
  • 1/2 sdm kecap asin Kikoman
  • 1/2 sdm minyak wijen
  • 1 sdm biji wijen yang disangrai
  • 1/2 sdt bubuk jahe (harusnya sih pakai air jahe)
  • minyak goreng untuk menumis (harusnya sih pakai salad oil, saya gak punya)
  • 1/2 sdm gula
  • garam
  • merica hitam (saya tambahin)
  • daun bawang (saya pakai sejumput yang sudah diiris-iris, karena saya gak punya yang utuh. Harusnya sih potong sekitar <10>
Cara:
  1. Rebus gurita sebentar hingga 1/2 matang, kemudian potong-potong (saya potongnya pendek-pendek) campur dengan bahan-bahan bumbu (selain bawang-bawangan dan asparagus)
  2. Panaskan minyak di penggorengan, tumis bawang putih dan bombay hingga harum.
  3. Masukkan asparagus.
  4. Masukkan adonan gurita, aduk rata, masak tiga sampai lima menit.
  5. Masukkan daun bawang, aduk rata.
  6. Hidangkan dengan cara menaburkan biji wijen.