Saturday, March 8, 2008

Strawberry Charlotte Sandwich

Saya pengen banget bikin kue kue yang ditampilin di Joy of Baking. Tapi seperti biasa, saya ngerasa resep dari dia gak pernah bener-bener jelas, dan takut banget gagal kayak kue kemarin, maka saya bikin setengah porsinya aja deh. Dan kebetulan saya memang saya maless banget bikin sponge cakenya, maka saya beli kue yang mirip seperti lady's finger, tapi lembut, seperti sponge cake, yaitu kue cuillers. Terus, puter otak deh gimana caranya ngegayain (ngebentuk) kue yang saya susun dengan kue cuiller ini. Jadinya saya banyak melenceng dari resep aslinya, karena gelatin yang dipakai pun tidak sama, saya pakai agar-agar bubuk merek Thailand, yang jadinya kualitasnya sih menurut saya rada payah, tapi ya gak apa lah, asal ada deh, hehe.

Tau gak sih, yang bikin enak dari kue ini apanya? Perpaduan gula tepung yang nempel di kue cuillers, dengan strawberry puree, buah dan kue cuillersnya. Jadi ya saya saranin, buat yang suka manis, silahkan tambahin gula tepungnya sesuka hati deh. :))

Untuk 2 porsi
Strawberry Purée:
  • 285 gram buah strawberry, buang ujungnya, diiris-iris/potong
  • 25 gram gula
  • kue cuiller secukupnya (atau pakai lady's finger)

Cream Strawberry:
  • 232 gram strawberry puree
  • 120 ml whipping cream tebal (saya pakai crème fleurette - cream cair untuk bikin whipping cream)
  • 9 gram agar-agar bubuk

Untuk hiasan:
  • gula tepung secukupnya (kue cuillers udah ada gula tepungnya, tapi kalau yang emang doyan manis banget, khususnya untuk melawan rasa strawberry yang asam, bisa ditambahkan gula tepung ini)
  • kurang lebih 5-8 buah strawberry, dibelah jadi dua

Cara:
  1. Bikin pureenya dahulu. Blender strawberry dan gula sampai halus kemudian tempatkan di dalam dua wadah (tahan microwave) yang berbeda.
  2. Masukkan mangkok mixer dan ujung mixer anda dalam freezer (supaya dingin, digunakan untuk mix whipping cream).
  3. Ke dalam salah satu adonan puree, masukkan agar-agar bubuk ke dalamnya. Aduk hingga rata, diamkan lima menit, panaskan dalam microwave selama 1 menit. Campur dengan puree strawberry di wadah satunya lagi, aduk rata, sisihkan hingga tidak hangat lagi (saya dinginkan di lemari es).
  4. Mix whipping cream hingga kaku (tentunya dengan menggunakan mangkok dan ujung mixer yang sudah dimasukkan ke dalam freezer sebelumnya). Masukkan campuran puree strawberry. Taruh adonan di dalam freezer selama 15 - 20 menit, adonan menjadi kaku. Mix lagi adonan.
  5. Dalam piring yang datar untuk kue (saya gak punya), susun berjejer kue cuiller (panjangnya sesuka hati, saya baris 6). Oleskan di atasnya, puree strawberry. Letakkan buah strawberry potong, tutup lagi dengan puree strawberry. Kemudian, tutup dengan kue cuiller, begitu juga sisi-sisi kue, tutup dengan kue. Hias dengan sisa buah strawberry (kalau ada), dan taburkan gula tepung di atasnya.