Friday, March 7, 2008

Udang bumbu MAM NEM

Nyoba resep ini, wah... mantapppp abis!!! Rasanya pedas dan asem!! Mirip sama masakan atau sambal Manado deh..


Tapi saya pakai udangnya banyakan, dan pakai udang yang udah dikupas, direbus, dan dibekuin. Di perancis, ya rata-rata udang bukan fresh from the ocean gitu deh, tapi ya modelnya yang udah dimasak atau masih mentah, tapi dibekukan. Dan udang yang saya pakai pun sekitar 300 gram-an lebih.

Nama saus yang saya pakai sih saus MAM NEM, dari Vietnam, yang saya beli di supermarket asia terbesar di Paris. Saya rasa sih, yang dimaksud di situs tersebut, ya sama, abis warnanya mirip-mirip (abu-abu/kuning/hijau), mungkin kalau di Thailand namanya Nam Budoo, kalau di Vietnam ya lain lagi. Abis dua-duanya ya saus ikan yang difermentasi gitu khan? Baunya keras banget, tapi untung Mas Gorilla gak protes. Katanya mendingan bau saus ikan ini dibanding bau terasi.. wahaha.. Saya sih mendingan terasi deh mas :P Tapi sumpeee... biar kata bau, tetep enak banget kok mas!

Saya gak punya daun jeruk purut yang segar dan jeruk nipis, ya saya pakai daun jeruk kering, dan lemon aja.

Bahan:
  • 300 gr Udang yang sudah dikupas, dipotong-potong
  • 3 lembar daun jeruk purut (kaffir, bergamot) kering, dibejek-bejek atau diiris tipis
  • 1 batang sereh, diiris tipis (buang bagian kulit terluar, dan untuk kedua ujungnya, saya gak pakai)
  • 2 cabai merah iris tipis
  • 2 cabai hijau, iris tipis
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 1/2 jeruk lemon, diambil jusnya.
  • 2 sdm saus MAM NEM

Cara:
  1. Selain udang dan saus MAM NEM, campur semua bahan dalam mangkok untuk menghidangkan.
  2. dalam penggorengan yang gak terlalu besar, tuangkan saus MAM NEM, biarkan mendidih, masukkan potongan udang. Masak hingga udang matang.
  3. Tuangkan ke dalam mangkok berisi bahan-bahan lainnya.
  4. Hidangkan, masak dengan nasi.