Sunday, April 13, 2008

Tahu Campur

Maaf tidak bisa berbagi resep, karena resep ini bukan saya yang punya, kalau mau tau resep aslinya, silahkan tanya ke yang punya. Yang jelas, resep ini mantap banget, bila dibandingkan dengan resep tahu campur dari situs lain. Bahan-bahannya lengkap, ada kencur, terasi, petis dan perkedel singkongnya segala.

Saya yah baru tau ada makanan namanya tahu campur. Kalau menurut saya sih, lebih tepat diberi nama daging campur, karena tahu di sini kok seperti embel-embel aja, alias pelengkap daging.

Bahan pelengkap yang saya pakai (sesuai dengan yang diminta di resep aslinya):
  • Petis
  • Krupuk
  • Toge
  • Salada
  • Tahu
  • Perkedel Singkong
  • mie telur direbus
  • cabai diiris tipis
  • krupuk
Karena saya gak punya petis, saya bikin sendiri, puter otak untuk substitusi petis, ya udah begini lah caranya:
  1. 2 sdt terasi ditumbuk halus dengan 1 sdt gula merah.
  2. Panaskan sedikit minyak di penggorengan, masukkan terasi dan gula merah, goreng cepat, masukkan satu sendok makan kecap manis (hati-hati, karena ada gula merahnya, adonan cepat bener gosongnya).
Karena di petisnya saya udah pakai kecap manis dan gula, maka saya gak pakai lagi deh tuh tambahan kecap atau gula untuk dicampur dengan kuah daging.

Perkedel singkong yang saya bikin, rasanya mirip banget sama combro atau misro, tapi gak pakai kelapa untuk di perkedel ini. Dan rada dibedain dengan resep aslinya, saya pakai satu butir telur, agar semua bahan tidak menyebar ketika digoreng.