Saturday, May 10, 2008

Semur Betawi


Biasanya, semur betawi, pakai tomat. Tapi saya gak punya, selain itu gak terlalu suka kalau semur dipakain tomat, karena sering jadi terlalu asem buat saya, dan mengingatkan saya sama bistik jawa. Bukannya saya gak suka bistik jawa, tapi ya gak mau sama aja, hehe. Kali ini saya pakai ghee, mentega india. Resep untuk satu atau dua orang.

Bahan:
  • 300 gr daging sapi potong kotak-kotak
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cabai merah
  • 1 sdt jinten bubuk
  • 1 sdt jahe bubuk
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 3 sdm kecap manis
  • 1.5 sdt ketumbar
  • 1.5 sdt pala
  • 3 cengkeh
  • 1 sdt ghee
  • bawang goreng untuk taburan

cara:
  1. panaskan ghee di penggorengan, masukkan semua bumbu , masak hingga harum
  2. masukkan daging, masak hingga berubah warna
  3. masukkan air dan kecap
  4. masak hingga air tinggal sedikit
  5. taburkan dengan bawang goreng