Friday, November 23, 2007

Ekkado



Barengan sama tetangga yang lagi ngidam hoka-hoka bento, traiteur japonais à la indonesia tea, saya menemukan resep ekkado di kumpulan file saya yang entah siapa sumbernya. Ngomong-ngomong kani rollnya tetangga menggoda banget tuh.. hehehe....Kangen ya sama maskan jepang yang begini, di Paris kayaknya jarang deh yang beginian, paling ya mie, yakitori dan sushi-sushi gitu.


Ekkado ini pakai kembang tahu, saya pikir, sepertinya yang di Hokhok ben, gak gini deh. Kayaknya kulitnya pakai tepung. Tapi gak apa, enak juga kok. Yah, saya mah asal gorengan, mana sih yang gak enak? Semua dianggap enak, hehe. Gawat nih, akhir-akhir ini kok menjadi penggemar berat gorengan ya, coba liat postingan saya, banyak banget kata "goreng".

Btw, ekkado ini lucu juga ya, kalau dipikir-pikir kok kayak batagornya jepang.. hehehe... Coba liat postingan saya yang ini, gak terlalu jauh beda kan bentuknya.. hehehe...

Resep asli pakai udang, tapi saya gak punya, jadi diganti aja sama suwiran kepiting yang udah tersedia dalam kemasan kalengan. Lagu lama, saya gak tau siapa pencipta resep asli, dan yang saya tampilkan di bawah ini adalah interpretasi saya sendiri, banyak yang saya gubah. Resep asli pakai maggi blok (uh curang!) dan pakai minyak wijen, saya lupa tuh pake, hehe.

Bahan yang dicampur jadi satu:
  • 170 gr daging kepiting kalengan
  • 200 gr fillet ayam, blender halus
  • 2 sendok makan tepung tapioca
  • 1,5 sdm kecap asin jepang
  • 2 sdm sake jepang
  • merica
  • 1,5 sdt gula pasir
  • 1 butir telur kocok

Bahan kulit:
  • 10 butir telur burung puyuh, direbus hingga matang, dikupas kulitnya.
  • benang untuk mengikat (saya pakai benang masak)
  • kembang tahu yang tipis, kering dan rata bentuknya, direndam dengan air dingin hingga lemas, dipotong-potong sekitar 15x15cm lah


Cara:
  1. Campur semua bahan campur, termasuk maggi blok dan minyak wijen, jika pakai.
  2. letakkan di atas dan ditengah kembang tahu.
  3. Taruh satu butir telur puyuh di atasnya
  4. Tutup kembang tahu tersebut, seperti membuat kantong dengan sapu tangan, kemudian ikat tengahnya dengan benang.
  5. Kukus hingga matang.
  6. Goreng dengan banyak minyak (saya malas pakai banyak-banyak tapi jadinya bentuk ekkadonya rada gepeng karena lembek abis dikukus, jatoh kebawah pas saya bolak balik.. hahahaha).
  7. hidangkan dengan mayonaise, atau bumbu-bumbu salade jepang lainnya.

PS:
fotonya rada beda nuansa nih, soalnya di sini saya pakai "studio foto" yang dibikinin mas gorilla untuk saya. Tapi sayang, kami belum punya lampu warna putih yang bisa membantu makanan jadi tampak lebih natural.